Pulau Pasir Putih Polewali Mandar Tempat Wisata Favorit Untuk Keluarga

yasinmuhammad.com – Pulau Pasir Putih di perairan Polewali Mandar berada di wilayah Desa Tonyaman Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat. Pulau ini menawarkan pemandangan indah yang memanjakan mata pengunjung. Akses menuju ke tempat ini sangat  mudah bagi warga dan pendatang dari daerah lain. Untuk sampai ke Pulau Pasir Putih, biasanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari kota Polewali Mandar. Kendaraan yang dipakai menuju pulau ini adalah taksi (perahu motor) atau kapal angkutan antar pulau.

Pulau Pasir Putrih atau Gusung Toraja di Polewali Mandar
Pulau Pasir Putrih atau Gusung Toraja di Polewali Mandar

Untuk sampai  ke pulau pasir putih anda dapat bertolak  dari dermaga atau pelabuhan di Belang-Belang, Tonyaman kecamatan Binuang. Transportasinya memakai kapal motor milik warga Tonyaman yang biasa disebut taxi laut” (perahu yang bermesin tempel dan memiliki cadik). Perahu ini memang khusus digunakan sebagai sarana transportasi penyeberangan antar pulau-pulau di kepulauan Tonyaman. Tarifnya berkisar Rp.170.000,’ –  Rp.250.000,- untuk layanan antar jemput dengan kapasitas kurang lebih 15 0rang.

Sepanjang perjalanan  menuju Pulau Pasir Putih yang memakan waktu sekitar 30 menit anda akan disuguhkan berbagai pemandangan yang menakjubkan. Gugusan pulau kecil lainnya yang tidak berpenghuni dapat memukau pandangan selama perjalanan. Semua pulau yang dilewati itu memiliki pasir putih dengan air laut bening berwarna biru kehijau hijauan. Konon menurut cerita rakyat setempat ada sebuah  pulau yang dihuni oleh ratusan kucing yang hidup secara alamiah. Pulau kecil yang juga berpasir putih itu disebut pulau kucing.

Kurang lebih satu kilometer sebelum tiba ke wisata alam bahari ini, para  wisatawan dapat menikmati indahnya panorama alam bawah laut yang indah nan elok. Tempat ini menjadi daerah endemis hidupnya ikan khas mandar. Pasir putihnya yang indah dengan biota laut seperti terumbu karang yang cantik serta air laut yang bening kian menambah keindahan. Jika anda ingin mendapatkan sensasi menikmati pemandangan bentang alam bawah laut yang seru dan eksotis di Kabupaten Polewali Mandar maka perairan sekitar pulau ini adalah pilihan yang tepat.

Perjalanan yang aman dan nyaman menuju Pulau Pasir Putih tanpa ombak yang besar
Perjalanan yang aman dan nyaman menuju Pulau Pasir Putih tanpa ombak yang besar

 

Santai di atas perahu motor menuju Pulau Pasir Putih Polewali Mandar
Santai di atas perahu motor menuju Pulau Pasir Putih Polewali Mandar

 

Pantai di Pulau Pasir Putih adalah tempat rekreasi yang menyenangkan buat keluarga
Pantai di Pulau Pasir Putih adalah tempat rekreasi yang menyenangkan buat keluarga

Mungkin banyak orang yang tidak tahu kalau Pulau Pasir Putih ini memiliki nama lain yaitu “Gusung Toraja“. Mengapa dinamai demikian?…Karena pada awalnya pulau ini hanya merupakan tumpukan pasir yang terus bertambah (biasa disebut Gusung). Seiring berjalannya waktu tumpukan pasir itu membentuk sebuah pulau. Konon ceritanya beberapa ratus tahun lalu ketika terjadi perang di wilayah ini orang asal Toraja yang menjadi korban dimakamkan di gusung ini, makanya kemudian tempat ini dinamai Gusung Toraja.

Rombongan dari Manado berfoto ria diatas salah satu icon Pulau Pasir Putih
Rombongan dari Manado berfoto ria diatas salah satu icon Pulau Pasir Putih

 

Pendatang dari Manado berkunjung ke Pulau Pasir Putih atau Gusung Toraja
Pendatang dari Manado berkunjung ke Pulau Pasir Putih atau disebut Gusung Toraja

Namun ada versi lain tentang cerita nama pulau ini. Kisah penyematan nama Gusung Toraja punya cerita yang sedikit berbeda dari sebelumnya. Menurut versi ini konon zaman dahulu, Pulau Pasir Putih di kabupaten Polewali Mandar ini pernah menjadi tempat persembunyian para Raja dan tokoh penting saat menghadapi serbuan penjajah. Itulah sebanya Pulau Pasir Putih  disebut Gusung Toraja. Sebagai bukti kebenaran cerita itu, terpasang papan besar bertuliskan Gusung Toraja yang selalu dipakai berfoto oleh para pengunjung dan wisatawan.

Meskipun kecil, pulau ini memiliki pesona keindahan yang luar biasa karena dikelilingi oleh pasir putih dan air laut yang bening. Para pengunjung khususnya  anak-anak, bermain pasir atau berenang di perairan dangkal sekitar pantai adalah hiburan yang sangat menyenangkan. Dan berfoto ria adalah kegiatan yang tidak terlewatkan untuk mengabadikan keindahan tersebut. Salah satu aktivitas yang paling digemari wisatawan adalah membakar ikan segar yang dibeli langsung dari nelayan. Sajian yang lezat itu sangat cocok disantap usai berendam.

Pantai Di Pulau Pasir putih ini juga menjadi tujuan rekreasi bagi warga Kab Wajo Sulawesi Selatan
Pantai Di Pulau Pasir putih ini juga menjadi tujuan rekreasi bagi warga Kab Wajo Sulawesi Selatan

 

Anak kecil dari Kab Wajo ini menikmati indahnya air laut yang bening dibawah pengawasan orang tuanya
Anak kecil dari Kab Wajo ini menikmati indahnya air laut yang bening dibawah pengawasan orang tuanya

Di pulau kecil ini sudah ada fasilitas berupa Villa dan beberapa buah Gazeebo yang dapat digunakan untuk beristirahat. Bahkan wisatawan dapat bermalam di kamar kamar yang disediakan dengan tarif hanya Rp.50.000,’ permalam.  Kamar kamar tersebut bisa menampung sekitar 5 sampai 7 orang perkamar. Di tempat yang jauh dari kebisingan ini, wisatawan yang bermalam betul betul dapat menikmati ketenangan malam di temani suara gemericik air laut. Sungguh liburan yang menyenangkan dengan keindahan yang tak terlupakan.

Hal yang menarik lainnya adalah pengunjung dapat berjalan menyusuri pulau kecil ini hanya dalam waktu kurang lebih 15 menit. Mengapa?… Karena luasnya hanya seukuran lapangan sepak bola. Jika saja bagian tengah dari pulau ini tak ditumbuhi pepohonan dan tidak ada bangunan ditengahnya, maka pengunjung  dapat dengan mudah melihat orang lain yang berada di seberang pantai yang berlawanan. Suasana pagi sebelum sinar matahari muncul adalah waktu terbaik untuk melihat pesisir pantai Gusung Toraja dengan ombak yang tenang dan menyejukkan.

Dengan ceria pengunjung dari Wajo ini menikmati air laut di Gusung Toraja
Dengan ceria pengunjung dari Wajo ini menikmati air laut di Gusung Toraja

 

Dengan angle yang sedikit berbeda orang yang berenang di Pulau Pasir Putih kelihatan seperti berada ditengah laut
Dengan angle yang sedikit berbeda orang yang berenang di Pulau Pasir Putih kelihatan seperti berada ditengah laut

Satu lagi kelebihan yang dimiliki pulau kecil ini adalah Anda dapat menikmati waktu sunrise (matahari terbit) dan sunset (matahari terbenam) dalam satu posisi. Tidak ada bagian pulau lain yang menghalangi pandangan mata sehingga di satu tempat kita dapat melihat langsung pemandangan matahari yang terbit dan terbenam. Untuk rekreasi keluarga pulau Pulau Pasir Putih telah menjadi tempat favorit bagi warga Polewali dan sekitarnya. Biasanya mereka datang di hari hari libur atau sehari setelah lebaran dengan membawa bekal makanan dan minuman.

Tidak hanya keluarga biasa yang gemar berkunjung ke Gusung Toraja. Para pejabat setempat pun menghabiskan waktu liburnya bersama keluarga di pulau itu. Bahkan saya yang dari Jakarta sempat mengajak keluarga besar dari Wajo Sulawesi Selatan untuk mengunjungi pulau mungil yang indah itu.Tidak ketinggalan keluarga dari Manado pun sempat datang menikmati keindahan Pulau Pasir Putih yang eksotis itu. Memvideokan setiap moment, berfoto ria dan foto selfi tak terlewatkan untuk mengabadikan kegiatan menjadi kenangan indah yang tak terlupakan.

Itu adalah bukti bahwa Pulau Pasir Putih semakin dikenal oleh masyarakat luas. Perlahan namun pasti pengunjung selalu bertambah baik dari provinsi Sulawesi Barat sendiri maupun dari provinsi lain. Saatnya Pemda setempat berbenah dan mengelola pulau kecil itu secara professional. Kebersihan di pesisir pantai dan pengadaaan air bersih harus menjadi perhatian yang serius untuk ditingkatkan. Kenyamanan dan keamanan harus dipelihara agar para wisatawan betah berkunjung sehingga suatu saat  akan kembali bersama keluarga dan sahabat sahabat mereka.

 

Artikel Sebelumnya:

Mengapa Memulai Bisnis Sampingan Online ? Ini Dia Alasannya…

Jasa Belanja Pakaian Tanah Abang Untuk Pedagang Di Luar Pulau Jawa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *